Thursday, September 12, 2013

Curse of the 2D Crush



Sering kan membaca shojou manga dimana tokoh utama perempuan mempunyai beberapa sahabat yang jarang digambarkan secara jelas? Kemunculannnya pun sebatas penasehat ketika si tokoh perempuan galau karena diperebutkan beberapa tokoh laki-laki. Salah satu tokoh pendukung itu biasanya bergaya sangat biasa, seorang mangaka tidak akan repot-repot merubah tatanan rambutnya maupun gaya busananya. Namanya pun tidak akan diimbuhkan “-chan” karena tidak akan ada yang memanggilnya dengan panggilan “-chan”. Dan saat cerita dari manga itu selesai tidak akan ada yang peduli kemana si tokoh pendukung ini berakhir.

Mungkin bisa jadi itu aku. Si tokoh pendukung. Aku masih ingat ketika Arlita bersemu merah saat pertama kali bertemu Todi di hari pertama tahun ajaran baru. Seperti kisah romantis di one-shot manga, nasib kedua orang itu bisa ditebak kemana jalannya. They become the sweetest couple on earth, dan aku hanya tokoh pendukung yang meyakinkan Arlita ketika gadis manis itu ingin mengungkapkan perasaannya. 

Jika pun terdapat side stories tentangku, pasti akan sangat membosankan. Bagaimana tidak ketika yang kulakukan hanya membaca komik dan mengaguminya? Literally, mengagumi tokoh-tokoh di dalamnya, lalu diam-diam menjalin emosi fiktif dengan karakter-karakter tersbut. Yang bisa kubayangkan adalah pembaca hanya akan disuguhkan gambar-gambar si tokoh pendukukung yang tiba-tiba mimisan secara dramatis sewaktu membaca manga.

“Kurei...” Ujar si tokoh pendukung tersungkur lemas dengan gambar bola nyawanya yang mengapung ke atas.

-

Seperti yang kukatakan si tokoh utama perempuan akan memiliki ending manis dilatarbelakangi scene pantai, stasiun, atau depan belakang sekolah lama. Sebelumnya mereka akan berpisah sebentar dan saling mencari karena tiba-tiba sadar akan perasaan yang keduanya miliki. Ahhh, klise. Namun tetap saja klise seperti ini yang akan didapatkan dari semua manga manis lainnya.

Anyway, di mana si tokoh pendukung saat itu? Entah. Tidak pernah digambarkan. Tapi dalam kasusku si tokoh pendukung menghabiskan hidupnya dengan statis. Hanya kacamata gaib yang bisa melihat api yang berkobar ketika ia membaca manga-manganya. Setiap kali ia menghela nafas sebenarnya ia sedang pingsan karena excitement berlebih.  Geliginya juga beberapa kali akan beradu ketika aksi pada kisah yang ia baca sedang memuncak. 

Kini, sepertinya aku hidup dalam yonkoma manga yang berjalan tanpa plot apapun. Hanya kegiatan keseharian yang sangat-sangat standar walau kadang menghibur lewat potongan cerita kecil. Seperti dibawah ini:

“So, you never really have a crush with anyone real?”
“Describe real!”
“HUMAN. With flesh.”
“Hey I’ve been crushing on this HUMAN for years!”
“He’s drawed as human, he’s a character”
“How could you say this to me when you have a lot of Super Junior poster in your room and nearly always talking about almost an adult film scene with 13 guys?”
“Daym, you got a point. And it’s not adult film scene! But they are real guys!”
“My kurei is a real guy, with wings of fiyaaahhh...”

--  

“Is that Kurei?”

Sebuah pertanyaan terlempar dari sebelah atas kubikel ku. Suaranya familiar. Tapi hidupku kan bukan sebuah cerita manga dimana tokoh penyendiri tiba-tiba mendapatkan pangeran yang menerimanya apa adanya? Ok, itu terlalu jauh. Sebaiknya aku menengok sekarang.

“Maya?”
“Todi?!”
“Ih, harusnya gue udah nebak ya ini siapa lagi coba yang suka pasang-pasang gambar kartun”
“Hahaha, iya” aku tertawa datar

Ok, hidupku mungkin bukan manga, tapi dunia kan memang sempit. Wajar jika si tokoh utama laki-laki kembali terlihat, mungkin tidak lama lagi aku akan berada kembali dalam cerita mereka.  Mungkin ini hanya scene dimana si tokoh utama perempuan akan menelponnya mengajaknya makan siang dan ia akan bercerita tentang harinya dan bagaimana ia bertemu teman lama di kantor. Hey, tapi ini kantor ku.
“Lo ngapain disini, Di?”
“Oh, abis meeting sekalian branch visit. Gak nyangka ketemu temen lama disini”
“Hahaha, iya” aku tertawa datar lagi.
“Eh, lo udah lunch? Dimana makan enak deket sini? Lunch on me deh.”

---

Kami makan siang dalam diam. Apa yang harus kubicarakan? Sepertinya dia hanya akan mengejek ku jika aku membicarakan chapter terbaru Kaichou wa maid-sama yang keluar hari ini. Tapi itu kan shojou, mungkin dia akan lebih suka One Piece. Huff, kenapa pusing-pusing mencari topik seperti itu, seingatku dia sama sekali tidak menyukai manga.
“Eh, jadi lo masih suka nonton kartun?” tanyanya antusias.
“Eh, kartun? Gak juga, paling baca aja. Gak sempet untuk nonton animenya.”
“Oh, iya. Gue juga suka tuh. Kemaren gue nemenin ponakan gue nonton despicable me 2”
“Heh?” aku mengeluarkan wajah kecewa yang harusnya beraksesori keringat besar di pojok kepalaku.
“Kenapa?”
“Oh, maksudnya kartun beneran ya?”
“Hehehe, iya, salah ya?”
“Enggak-enggak... Belom, kalo despicable me 2 gue belom nonton”
“Arlita, apa kabar?”
“Mm... baik, mungkin”
Ada yang terasa aneh. Sepertinya mungkin aku salah bicara. Aduh, gimana ini?
“We’re going to get married”
Ahh, begitu...
“Wah, selamat ya.”
“Hahaha, iya. Thanks.”

----

Sebagai tokoh pendukung seharusnya pertemuan kami berakhir dimakan siang itu. Namun pembicaran kami tidak habis saat ia kembali ke kantornya di kota sebelah. Text demi text membuatku merasa aneh karena yang ditanyakan tidak lagi sebatas mengenai pekerjaan. Kini kata “selamat pagi” sampai “have a good rest” tidak absen membuka dan menutup hariku dua minggu belakangan. Puncaknya adalah sebuah text berakhiran “I wish you were my girlfriend”. What the hell...? Sepertinya ini harus diakhiri sebelum seorang gadis calon pengantin mendatangiku dan melempar benda berat ke arahku.  
“Hey, have a time for lunch? My treat. Gak enak kemaren udah dibayarin makan.” –text send-

--

“So, my point is, you have to stop texting me.”
“Hah? Kenapa?”
“Gak nyaman, dengan fakta bahwa  lo udah pake cincin”
Todi mengeluarkan senyum dan membersitkan sebuah tawa mencemooh.
“Ok, mungkin gue ke-ge-er-an. But, dont you think it’s just mean to play around like this?”
“Gue gak play around. What if i really like you? I always been into you.”
“go to hell” tanggapku sinis.
“You can go to hell with all your stupid cartoon collection!” suaranya meninggi
Aku terbungkam, wajah Todi menyiratkan keseriusannya. Mungkin ia tidak main-main. Bukan, bukan main-main, karena rentetan kalimatnya membuatku degup jantungku melaju kencang.
 
“If only you never hide your nose under all those comic books, and fall in love with a real guy that i can compete with! Gue rela ribut ama siapa pun cowo yang jadi pacar lo. Kalo yang lo sukain aja tokoh dua dimensi, apa gue harus ikut cosplay supaya bisa dapetin perhatian lo?”
 “Bentar, bentar, lo nyalahin gue karena obsessed ama tokoh di manga dan lo gak bisa deketin gue karena itu? Lo pikir gampang nahan diri liat lo berada di deket gue tapi terasa gak bisa digapai karena lo macarin temen baik gue? That mangas save me from killing myself because envy and jealousy!”
“So... you like me?”
“Liked. With D. Charm lo luntur begitu sekarang gue tau lo pernah dikalahin kumpulan gambar 2D.”

---

Aku menghela nafas berat. Jika kejadian tadi siang adalah side story di sebuah manga, bisa dipastikan tidak ada akhir cerita yang berubah. Tokoh utama laki-laki tetap akan menggandeng tokoh utama perempuan saat mereka mengucapkan janji di depan altar. Dan aku akan tetap disini memandangi Kurei dengan sayap apinya. 


(manga= komik jepang, shojou manga= komik jepang untuk remaja perempuan, berkisar tentang cerita romantis disekolah. yonkoma= komik empat kotak, seperti kobo-chan, Kurei dengan sayap api bisa dilihat di seri Flame of Recca/Recca no Honoo karya Anzai Nobuyuki, vol. 17, chap. 165)

No comments:

Post a Comment